Cha3bby’s Blog

July 16, 2009

Buat Ritual Pagi yang Lancar

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 11:13 am

Anda bisa bertanya pada anak malam sebelumnya, ingin sarapan dengan apa esoknya.
Anak-anak sudah masuk sekolah. Anda pun kembali harus menghadapi jadual rutin yang padat. Hari-hari Anda diisi dengan bangun pagi dan menyiapkan keperluan anak, selain keperluan Anda sendiri. Bila Anda tidak cukup sabar, atau terbiasa hidup teratur, tentu hal ini akan sangat merepotkan. Apalagi, dalam kondisi masih mengantuk, anak-anak sering tidak kooperatif. Diminta mandi dengan ayah, maunya sama ibu. Akan disuapi pembantu, malah melakukan gerakan tutup mulut (karena maunya disuapi ibu). Atau, maunya sarapan sambil nonton TV, yang akhirnya malah memperpanjang waktu makan.

Mungkin, ada baiknya Anda mulai mengelola kembali rutinitas Anda pada pagi hari. Bagi Anda yang juga bekerja, suasana pagi hari boleh dibilang lebih membuat stres daripada saat Anda di kantor. Sangat penting untuk membuka aktivitas pagi di rumah dengan mulus, karena sesuatu yang buruk tentu akan mempengaruhi mood Anda sepanjang hari.

Ini tips yang dapat Anda jalani untuk tetap santai di pagi hari:

1. Tidur cukup. Jika anak harus sudah tidur pada pukul 20.00 atau 21.00, biasanya kita juga harus menemani mereka tidur (dan akhirnya tertidur betulan). Namun hal ini sering membuat kita merasa ada yang hilang dari diri kita, karena kita tidak lagi bisa membaca, menonton film, atau ngobrol sampai larut dengan suami. Namun ingatlah, Anda harus bangun pagi, setidaknya pukul 05.00. Selalu ingat bahwa Anda masih butuh banyak tenaga sepanjang hari. Karena itu, sisihkan dulu rasa kecewa Anda karena tidak bisa bersenang-senang.

2. Siapkan semua hal malam sebelumnya. Tak mungkin menyiapkan semua keperluan anak-anak pada pagi hari. Malam hari adalah kesempatan Anda untuk memeriksa keperluan sekolah. Periksa buku tugasnya, apakah ada PR atau ulangan sehingga anak perlu ditemani belajar. Kemudian juga menyiapkan apakah buku pelajaran untuk esok hari, buku yang harus ditandatangan, pakaian olahraga, dan lain sebagainya. Bila si kecil sedang cerewet-cerewetnya, Anda bahkan bisa menanyakan pakaian apa yang ingin dipakainya besok ke sekolah.

3. Buat jadual yang terinci. Mungkin hal ini terdengar merepotkan, atau terlalu tertib, namun cara ini berhasil untuk sebagian besar keluarga. Misalnya, sebelum anak-anak bangun, Anda sendiri sudah mandi, menyiapkan sarapan, menyiapkan air panas untuk mandi dan seragam sekolahnya, menyiapkan bekal, dan membuat susu. Kemudian, anak-anak dibangunkan pukul 05.30. Pukul 05.45, mereka sudah harus bangkit dari tempat tidur. Lalu sambil menunggu air panas, mereka minum susu dan sarapan.

Pukul 06.15, anak-anak mandi. Pukul 06.30 sudah harus selesai, menggosok gigi, dan memastikan semua peralatan sekolah (termasuk bekalnya) siap dibawa. Pukul 06.40 sudah harus siap meninggalkan rumah menuju sekolah.

Jadual ini tentu tidak dibaku, dan bisa disesuaikan dengan kebiasaan Anda. Misalnya, anak-anak mandi dulu baru sarapan. Atau, ada pula anak-anak yang tidak mau sarapan karena merasa masih terlalu pagi. Namun dengan memiliki jadual yang terinci sepert ini, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan berikutnya.

4. Berbagi tugas dengan suami. Bila Anda memiliki pembantu yang sudah memahami jadual pada pagi hari, tentu akan sangat membantu. Bila tidak ada pembantu, apalagi Anda juga bekerja, Anda bisa berbagi tugas dengan suami untuk menyiapkan anak-anak ke sekolah. Misalnya, jika Anda yang menyiapkan sarapan, bekal, peralatan sekolah, atau keperluan mandi, suami yang memandikan anak dan menemani sarapan.

5. Pasang musik. Musik dapat memancing mood positif dari diri Anda. Untuk itu, pilihlah musik yang disukai oleh seluruh anggota keluarga. Bisa juga musik kesukaan anak-anak, agar mereka mudah terbangun. Yang pasti, jangan memasang musik yang terlalu kencang, karena hal ini bisa membuat Anda merasa diburu-buru.

6. Penambah energi. Entah itu kopi, teh, susu, sereal, atau apa pun yang membuat Anda terjaga, perut sudah cukup terisi, sehingga siap melakukan aktivitas. Seringkali kita memang tak sempat lagi sarapan, karena mempersiapkan tetek-bengek keperluan anak-anak memang ribet. Karena itu makanan instan atau minuman pengganjal perut lebih memegang peranan.

Anda punya kebiasaan khusus saat menyiapkan diri pada pagi hari?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: