Cha3bby’s Blog

July 23, 2009

Berjalan kaki hapus stresss…

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 6:39 am

Para peneliti telah meyakini stres merupakan faktor pemicu terjadinya berbagai penyakit, seperti nyeri punggung, masalah perut, tekanan darah tinggi, dan jantung. Namun ketika stres datang, berjalan mungkin menjadi solusi terakhir yang terlintas dalam benak kita, bukan?

Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti yang memantau kebiasaan berolahraga dari 82 perempuan dalam 8 minggu. Dan, hasil yang mereka temukan adalah para perempuan cenderung lebih jarang berolahraga ketika mereka sedang dilanda stres.

Padahal sebenarnya, kita bisa membuat olahraga jalan kaki sebagai peredam stres. Berikut pengaturan latihan berjalan yang dapat membantu kita meredakan tekanan di kepala tersebut.

Selalu berpikir positif. Katakan pada diri sendiri, dengan berjalan kita dapat meraih pencapaian yang lebih dari yang ditargetkan. Mengapa, karena berolahraga akan membuat badan lebih sehat, bugar dan berpikir lebih jernih. Alhasil, kita akan menjadi orang yang lebih produktif.

Berjalan di pagi hari sebelum orang lain keluar beraktifitas, akan memberikan kita kesempatan untuk lebih fokus kepada diri sendiri, jelas Suki Munsell, PhD, direktur dari the Dynamic Health and Fitness Institute di Corte Madera, California. “Ketika hari terasa begitu padat serta banyaknya keputusan yang harus diambil, berjalan kaki di pagi hari bisa memberikan saya jawaban dan kejelasan mengenai segala masalah yang saya hadapi,“ tambah Suki.

Cari pemandangan baru. Pilihlah rute berjalan yang sepi menuju taman yang indah. Lingkungan yang menarik, bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang. Hindari berjalan di jalan yang ramai pada sore hari, karena itu hanya akan menambahkan kadar stres kita.

Kurangi kecepatan. Memaksa diri untuk berjalan lebih cepat dan lebih cepat lagi, akan membuat kita tambah tertekan. Disaat penuh stres, berjalan santai bisa menjadi pilihan yang lebih bijak.

Jika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak mampu menyediakan waktu untuk berjalan. Gunakanlah waktu luang sedikit, seperti sebelum atau sesudah makan siang. Bahkan sesaat sebelum bertemu klien, bisa menjadi alternatif yang menarik. Isi “baterai” kita dengan cukup berjalan 5 menit saja di luar kantor.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: