Cha3bby’s Blog

November 2, 2009

Jeruk Nipis

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 5:07 am

Citrus aurantifolia atau yang dikenal dengan nama jeruk nipis, merupakan buah yang terkenal khasiatnya di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Buah jeruk yang kecil mungil ini memiliki diameter rata-rata 3-6 cm, daging buahnya masam dan rasanya mirip dengan lemon. Warna kulit buahnya hijau dan kuning jika sudah masak.

Dalam dunia kecantikan, buah jeruk nipis dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori dengan cara dimaskerkan. Dan di dunia kuliner, buah jeruk nipis dikenal sebagai penyegar, minuman, tambahan membuat sambal, dan membantu menghilangkan bau amis.

Dan tahukah Anda di bidang kesehatan, buah jeruk nipis ini juga menyumbangkan manfaat yang luar biasa? Hmmm… dari pada penasaran lihat saja apa sih khasiat jeruk nipis di dunia kesehatan berikut ini:

1. Sebagai obat batuk

Secara tradisional, jeruk nipis ini terkenal sebagai penyembuh batuk. Nenek moyang kita mengandalkan jeruk nipis untuk meredakan batuk yang bertubi-tubi seperti suara motor. Caranya mudah, cukup menambahkan sari jeruk nipis pada sesendok kecap manis dan meminumnya. Beberapa saat kemudian nafas Anda akan lebih lega dan batuk Anda kembali reda.

2. Menghilangkan dan mencegah mual di perjalanan

Beberapa orang dari Anda mungkin pernah merasakan mabuk dalam perjalanan, entah perjalanan udara, darat maupun laut. Bagaimana kah selama ini Anda menanggulangi rasa mual tersebut? Dengan memakai minyak kayu putih? Koyo? ataupun tidak makan sebelum melakukan perjalanan?

Hmm… jika ada cara mudah mengapa Anda harus menggunakan cara yang sulit?

Tuang sari jeruk nipis ditambahkan sedikit gula dan air dingin, minum sedikit demi sedikit sampai perut Anda terasa nyaman. Minuman ini bisa Anda minum sebelum maupun saat di perjalanan. Niscaya perut Anda terasa lebih stabil dan nyaman. Mual pun akan hilang dan Anda bisa menikmati perjalanan Anda.
3. Mengobati masuk angin

Tak hanya jahe saja yang membantu mengobati masuk angin, jeruk nipis pun bisa. Tuangkan sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 1 sdt madu, dan air hangat, minum sesendok demi sesendok sari jeruk nipis hangat tersebut.

Perut Anda akan lebih hangat dan udara yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa.

4. Menyegarkan pernafasan dan mengurangi bau mulut

Jika obat kumur (mouthwash) Anda tak membantu menghilangkan bau mulut Anda, jeruk nipis bisa!

Peras sari jeruk nipis, jangan tambahkan air, hanya tambahkan madu saja. Aduk kemudian minum setiap hari 1-2 sendok, nafas Anda akan lebih segar dan bau mulut perlahan akan hilang. Asalkan jangan melupakan gosok gigi ya!

5. Menghilangkan pegal-pegal dan rasa lelah di tubuh

Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan biasanya terlalu lelah dan merasakan pegal-pegal di seluruh tubuh.

Agar badan lebih fresh dan tidur bisa nyenyak, Anda bisa meracik 2 sdt sari jeruk nipis, 1 cm jahe dimemarkan, 1 sdm madu, 200 ml air hangat, minum selagi hangat dan cobalah untuk tidur.

Racikan minuman ini efeknya akan lebih terasa jika diminum setelah mandi dan menjelang tidur, Anda akan merasa tubuh lebih segar keesokan harinya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: