Cha3bby’s Blog

November 2, 2009

Menghilangkan penat

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 4:49 am

Berapa jam dalam sehari Anda bekerja? Tujuh atau delapan jam? Anda merasa lelah dan jenuh. Itu wajar, memang adakalanya Anda merasa lelah dan jenuh. Apalagi kalau pekerjaan Anda belum beres. Rasanya ingin kabur saja. Segera menyusun liburan atau bermalas-malasan di rumah.

Saat terasa penat, bahu Anda seperti memikul beban berton-ton. Kaki serasa kaku seperti kayu. Terasa tebal dan tak nyaman digerakkan. Kepala terasa berat. Kulit serasa sesak seperti tak bisa bernapas. Lalu apa yang biasa Anda lakukan?

Pergi ke salon memang salah satu solusi yang bagus. Namun pasti Anda pernah berada dalam situasi keuangan yang menipis, atau Anda tak punya banyak waktu untuk pergi ke salon. Berikut ada beberapa cara yang wajib Anda coba. Cara ini tergolong mudah, meriah dan benar-benar pas untuk menghilangkan kepenatan seusai kerja.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Pijat lulur

Pijat lulur ini wajib Anda lakukan sendiri. Bagian yang harus Anda pijit adalah sekujur tangan dan kaki Anda. Bagian bahu serta punggung. Berikan pijatan lembut sampai Anda merasakan kenyamanan. Anda lebih mengenal anatomi tubuh Anda, maka lebih baik Anda melakukan pijatan itu sendiri. Buka orang lain. Kegiatan pijat lulur ini bisa Anda lakukan sebelum mandi. Jangan lupa hasilnya akan lebih nyaman apabila Anda mandi dengan air hangat. Karena air hangat membantu memperlancar aliran darah Anda

2. Rendam kaki Anda dalam ramuan penghilang penat

Siapkan air hangat dan satu sendok teh garam dalam sebuah ember. Masukkan kuntum-kuntum bunga mawar atau jika Anda mau bisa diganti dengan aroma wewangian dari aroma terapi. Beri satu atau dua tetes saja. Cermatlah memilih aromanya. Cari aroma yang memberi relaksasi dan kenyamanan, serta mampu membangkitkan semangat. Rendam kaki Anda di dalamnya selama kurang lebih 30 menit. Rasakan pula kehangatan yang menjalar di kaki Anda. Bukankah Anda merasa lebih fresh sekarang?

3. Mandi air hangat

Jangan sepelekan kegiatan mandi Anda. Mulai saat ini jadikan waktu mandi Anda sebagai saat yang istimewa. Misalnya, gunakan sabun yang mengandung aroma terapi. Atau sabun yang beraroma buah-buahan atau bunga. Hal itu sangat membantu Anda untuk menenangkan pikiran.
Oleskan sabun di sekujur tubuh Anda. Lalu bilas perlahan dengan air hangat. Rasakan setiap aliran air di tubuh Anda. Guyur tubuh Anda mulai dari kepala sampai ujung kaki. Jadi apabila kepala Anda terasa berat, beban itu akan luntur seiring dengan sabun dan guyuran air di tubuh Anda.

4. Minum teh hangat

Ingat, teh mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi jangan ragu mengkonsumsi teh hangat saat Anda merasa tubuh terasa penat. Teh membantu menyegarkan tubuh Anda. Mengembalikan rasa segar dan semangat yang telah dipakai seharian penuh. Jumlah kafein pada teh membantu Anda merasa lebih rileks. Seduh teh hangat, nikmati sambil berendam atau setelah mandi. Tubuh Anda akan semakin rileks.

Sudah merasa lebih rileks dan nyaman bukan? Segera atur posisi tidur Anda. Kemudian berbaringlah dalam posisi paling nyaman. Pejamkan mata Anda. Dan bersiaplah untuk hari yang lebih segar keesokan harinya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: