Cha3bby’s Blog

November 2, 2009

rempah2 sehat

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 5:01 am

Saat mendengar kata antioksidan, maka jenis makanan apa yang pertama kali terlintas dalam benak Anda? Apakah hanya sebatas buah, sayur, teh, atau cokelat?!

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis rempah-rempah dan bumbu masak yang ada di sekitar kita ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan?! Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama.

Kayu Manis

Dr. Wendy Bazilian, pengarang buku ‘The SuperFoodsRx Diet: Lose Weight with the Power of SuperNutrients’ mengatakan bahwa kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan.

Anda bisa menggunakannya untuk mempermanis minuman teh, mencampurkannya ke dalam minuman yogurt, bahkan dalam sajian oatmeal sarapan pagi. Selain sebagai antioksidan, kayu manis juga mampu mengendalikan kadar gula dan kolesterol dalam darah.
Oregano

Dr. Bazilian menyebut oregano sebagai salad mini. Satu sendok tehnya saja memiliki kandungan antioksidan yang setara dengan 3 cangkir brokoli cincang.

Oregano biasanya terdapat pada panganan seperti pasta atau pizza, namun tak ada salahnya jika Anda menambahkan butiran-butirannya pada grilled cheese sandwich favorit Anda.

Sementara itu, jika Anda ingin membuat salad sederhana, maka cukup tambahkan oregano pada potongan tomat, plus merica, dan olive oil.

Jahe

Mungkin hal ini terdengar mengejutkan, namun satu sendok teh jahe memiliki kadar antioksidan yang sama dengan secangkir bayam. Jahe tak hanya dapat dipakai sebagai salah satu bumbu masak belaka, namun bisa juga dipakai untuk memuaskan kegemaran seseorang dalam mengonsumsi makanan yang bersifat manis, misalnya dengan menaburkannya pada potongan buah segar, es krim, atau yogurt beku.

Selain itu, jahe ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit dan mual akibat masalah pencernaan.

Dried Red Pepper

Rempah-rempah yang berasal dari keluarga red pepper ini mencakup cabai merah, cayenne (cabai merah yang pedas sekali), dan paprika. Dr. Bazilian mengatakan, “Rempah-rempah tersebut mampu meningkatkan metabolisme, memberi kepuasan rasa pedas saat makan, serta berpotensi untuk menstimulasi pembakaran lemak dalam tubuh.”
Rosemary

Rosemary dapat membantu mengurangi resiko terjadinya peradangan dalam tubuh. Secara tidak langsung, peradangan itu sendiri berpotensi sebagai faktor pemicu timbulnya penyakit kronis lainnya.

Anda bisa menambahkan rempah-rempah jenis ini ke dalam adonan kue, roti, atau saus untuk hidangan daging/ steak.

Thyme

Selain mengandung antioksidan, ekstrak thyme juga bisa meredakan panas dalam tubuh.

Kunir atau kunyit

Rempah-rempah ini biasanya ditemukan dalam masakan kari. Menyehatkan otak, melindungi diri dari penuaan, dan menyehatkan jantung merupakan deretan khasiat dari rempah-rempah khas tanah air ini.

Oleh karena itu agar tetap sehat, maka sedapat mungkin sertakan deretan rempah-rempah sehat di atas ke dalam menu harian Anda.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: