Cha3bby’s Blog

November 2, 2009

Tips Sehat

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 4:48 am

Kebiasaan atau pola hidup seseorang sangat berpengaruh bagi kesehatannya. Semakin baik pola hidup yang dijalani, maka semakin prima pula kesehatannya. Pola hidup sehat tidak hanya menuntut keteraturan dalam segala sesuatu, namun juga menuntut pola makan yang sehat pula.

Anda bisa memulihkan kondisi kesehatan yang tidak prima dengan cara memperbaiki pola makan Anda, dan Anda akan terheran-heran saat melihat betapa cepatnya pola makan baru itu mengerjakan pemulihan kesehatan bagi diri Anda.

Mari kita simak beberapa kasus kesehatan bermasalah yang bisa disembuhkan dengan pola makan sehat dalam waktu yang cukup singkat.

Memperbaiki kerusakan sel kulit

Waktu pemulihan: seminggu atau tergantung dari tingkat kerusakannya.

Mengapa harus sembuh?

Karena radikal bebas seperti sinar matahari atau polusi bisa menyebabkan kerusakan pada kulit yang bersifat permanen atau tak bisa disembuhkan, misalnya seperti kerutan, bengkak, bahkan kanker kulit.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, C, dan E yang akan mendorong kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas.
Menurunkan tekanan darah

Waktu pemulihan: seminggu

Mengapa harus sembuh?

Sebab tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu utama terjadinya serangan jantung atau stroke.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Tingkatkan konsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung potasium (seperti pisang) dan antioksidan, karena bisa menurunkan tensi dengan cepat.

Mengalahkan stres

Waktu pemulihan: sejam

Mengapa harus sembuh?

Sebab kegelisahan, stres, dan depresi bisa mempengaruhi kesehatan Anda (mulai dari kesehatan jantung hingga kulit), sehingga merupakan hal yang penting bagi Anda untuk bebas stres.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Mengurangi stres bisa dengan jalan yang mudah seperti mengonsumsi vitamin B karena vitamin ini bisa menghasilkan dopamine yang bisa meningkatkan mood seseorang.

Bisa juga dengan ragam pelepas stres lainnya. Untuk makanan pereda stres, cobalah konsumsi ikan, kacang-kacangan, pisang, dan kacang polong.
Mempertajam daya ingat

Waktu pemulihan: satu bulan

Mengapa harus sembuh?

Sebab sebuah studi membuktikan bahwa melatih otak dan memenuhi kebutuhan folat dalam diet tidak hanya penting untuk menjaga diri dari serangan alzheimer, namun bisa juga meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, seperti kemampuan mengingat dan seberapa cepat Anda bisa memecahkan sebuah teka-teki puzzle).

Lalu apa yang harus dilakukan?

Dengan mengonsumsi makanan hijau dan buah-buahan, Anda akan memberi nutrisi pada otak agar bisa meregenerasi dan memperbaiki kemampuannya. Ide lain? sering-seringlah bermain games yang melatih daya ingat.

Membangun tulang kuat

Waktu pemulihan: lebih dari setahun

Mengapa hal ini penting?

Tentu saja agar Anda tidak mengalami osteoporosis atau tulang rapuh.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Tingkatkan konsumsi kalsium Anda, entah dengan suplemen atau lewat berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Butuh waktu yang agak lama bagi tubuh untuk menabung dan kemudian mengolah khasiat dari vitamin D. Oleh karena itu, jadikan konsumsi vitamin D, suplemen kalsium, atau berjemur matahari pagi sebagai salah satu hal penting yang Anda lakukan tiap hari.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: