Cha3bby’s Blog

July 15, 2010

Mitos Saat Menstruasi

Filed under: Uncategorized — cha3bby @ 5:46 am

Duluw klo aku sedang menstruasi, mama ku dan terutama nenekku selalu bilang….”nak jangan keramas yah ntar mens nya lama selesainya, nak jangan potong kuku kamu tuw khan lagi kotor jadi ga boleh potong kuku….eits klo lagi dateng bulan jang minum es……Namanya aku masih remaja dan gak ngerti apa2 yah ngikut aja…

hehehehhe tp klo sekarang, mama sih masih sering bilang kyk gt, tp paling aku jawab ama senyuman manisku xixiixix…….

Yah namanya orang dulu, yang namanya mitos selalu mengikuti hidup mereka, tapi bener gak sih mitos2 itu menurut dunia kedokteran.. Beberapa mitos akan saya rangkum dari beberapa sumber dibawah ini bersama dengan fakta yang disampaikan menurut kedokteran.

1. Cewek yang sedang mens dianggap kotor dan sakit. Xixixixi jadi inget kata mama.

Fakta sebenarnya, menstrusi tidak membuat remaja perempuan menjadi kotor dan sakit. Tapi memang benar kalau lagi mens remaja perempuan harus menjaga kebersihan, seperti mengganti pembalut. Jika tidak diganti, jamur dapat tumbuh dan itu merupakan salah satu penyebab keputihan.

2. Mendapat menstruasi sama dengan mendapat “kutukan atau hukuman”.

Fakta sebenarnya menstruasi bukan kutukan atau hukuman. Mengalami menstruasi bagi remaja perempuan adalah hal yang normal sebagaiman telah dikodratkan oleh Yang Maha Kuasa sebagai bukti dia itu sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal.

3. Menstruasi dapat membuat remaja perempuan lemah.

Faktanya sebenarnya mens tidak membuat tubuh lemah. Menurut para ahli darah mens yang keluar banyaknya kira- kira 50- 150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan lemas karena banyak mengeluarkan darah.
Mungkin yang menyebabkan lemah adalah rasa nyeri ketika menstruasi itu datang…

4. Selama haid nggak boleh keramas.

Faktanya menurut medis hal ini tidak benar, justru selama haid harus lebih rajin mandi. Karena kita tahu selama haid, produksi keringat dan kelenjar minyak melebihi hari-hari biasa, termasuk minyak dikulit kepala. Jadi, pada saat haidlah kita memang harus lebih sering membersihkan badan, termasuk keramas.

5. Memakai pembalut saat mens bisa menimbulkan kemandulan.

Faktanya pembalut tidak menyebabkan kemandulan. Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Jika terasa gatal, perih atau panas maka perlu diganti dengan jenis merk yang lain. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut ( idealnya setiap 4 jam ) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar.

6. Minum coca cola dan makan coklat dapat mempercepat selesainya menstruasi.

Faktanya menstruasi adalah proses perdarahan yang disebabkan oleh luruhnya dinding dalam rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Sakit tidaknya saat menstruasi / lancar tidaknya menstruasi seseorang selain dipengaruhi oleh hormon juga dipengaruhi oleh faktor psikis. Sebagian orang percaya kalau coca cola, sprite dapat memperlancar / mengurangi rasa sakit saat menstruasi, namun belum pernah ada penelitian mengenai hal ini. Berkurangnya rasa sakit yang dialami seseorang saat menstruasi dapat disebabkan karena faktor sugesti ( psikis ) dimana orang tersebut percaya bahwa coca cola dan sprite dapat memperlancar menstruasi.

7. Jangan minum air es saat menstruasi.

Faktanya ir dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Selama tidak merasakan sakit atau perut kembung, maka minum air es sah-sah saja.

8. Tidak boleh berenang saat menstruasi.
Faktanya selama perempuan memakai pembalut dan tidak merasa risih, maka berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan. Tapi jika perut terasa kram, sebaiknya hentikan aktivitas berenang.

9. Perempuan remaja yang belum menstruasi tidak dapat hamil.
Yup mitos yang satu ini sangat kuat melekat di masyarakat, yah termasuk dari nenekku tercinta hehehhe, padahal pernyataan ini tidaklah benar. Faktanya Kehamilan itu berkaitan dengan ovulasi (matangnya sel telur). Beberapa remaja bisa saja mendapatkan menstruasi sebelum masa ovulasi, bersamaan saat tubuh beradaptasi dengan tingkatan hormon. Tapi beberapa remaja lainnya ada yang mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi. Jadi bisa saja terjadi kehamilan sebelum mendapat menstruasi pertama.

10. Menstruasiyang normal itu lamanya pasti seminggu.

Faktanya setiap perempuan pasti memiliki masa menstruasi yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Perempuan yang memiliki masa menstruasi tiga, empat atau lima hari pun masih dianggap normal. Heheheh klo saya sih biasanya lamanya ampe 8 harian gt..

Xixixi tnyata banyak yah mitos2 seputar mesntruasi, mitos mungkin muncul dan berkembang karena ada discommunication kali yah, informasi kurang lengkap, penyampaian informasi terlalu berlebihan sehingga menimbulkan sikap diskriminasi dikalangan remaja atau masyarakat terhadap berbagai masalah, salah satu diantaranya mengenai masalah menstruasi.

Jadi klo ada mama or nenek kita yang bilang beberapa mitos diatas, dengan melihat fakta diatas tentunya kita bisa secara berangsur2 menjelaskan kebenaran sehingga kita tidak lagi terkungkung oleh suatu mitos yang tidak jelas asal usul dan tujuannya.

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: